Selain itu, peserta bisa memanfaatkan layanan digital seperti Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA) yang tersedia 24 jam setiap hari, Aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 165, serta situs resmi www.bpjs-kesehatan.go.id.
Selain layanan administrasi, BPJS Kesehatan juga menyiapkan Posko Mudik di beberapa titik strategis untuk membantu peserta yang melakukan perjalanan mudik. Posko ini menyediakan layanan kepesertaan JKN, konsultasi kesehatan, serta obat-obatan dasar.
Titik-titik Posko Mudik BPJS Kesehatan yakni, di Terminal Pulo Gebang, Jakarta, Rest Area Tol Ungaran KM 429, Terminal Purabaya, Sidoarjo, Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, dan Pelabuhan Merak, Banten. Sementara untuk di Rest Area meliputi Tol Cipularang Km 88A, Purwakarta dan Rest Area Tol Cipali Km 166A, Majalengka. Adapun, Posko Arus Balik diantaranya, di Rest Area Tol Cipali KM 164B, Majalengka.
“Kami juga mengimbau peserta untuk memeriksa status kepesertaan mereka sebelum melakukan perjalanan mudik. Jika ada kendala saat mengakses layanan kesehatan, peserta dapat menghubungi Petugas Pemberi Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) atau Petugas BPJS SATU! yang ada di rumah sakit,” tambah Irmajanti.
BPJS Kesehatan berharap seluruh mitra fasilitas kesehatan turut mendukung komitmen ini dengan memberikan pelayanan optimal bagi peserta JKN selama masa libur Lebaran.(sep)