Aspek operasional menilai efektivitas proses operasional, termasuk kontinuitas pasokan dan pengurangan kebocoran. Sedangkan aspek SDM mengevaluasi kompetensi, produktivitas, dan kesejahteraan pegawai.
Pemerintah daerah bersama instansi terkait juga melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kinerja BUMD Air Minum, untuk memastikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) berjalan dengan baik dan memberikan manfaat strategis bagi kebijakan dan pengembangan pelayanan ke depan.
Beberapa prestasi yang diraih Perumdam TKR berdasarkan Buku Kinerja BUMD Air Minum Tahun 2024 yakni, peringkat 1 dari 10 BUMD Air Minum dengan Nilai Kinerja Tertinggi Nasional. Peringkat 1 dari 10 BUMD Air Minum dengan Peringkat Tertinggi di Wilayah II. Peringkat 1 dari 10 BUMD Air Minum dengan Kinerja Tertinggi untuk Kelompok Pelanggan di atas 100.001 sambungan dan peringkat 1 dari BUMD Air Minum dengan Peringkat Tertinggi pada 3K.