Menetapkan APBD-P 2024 Berpotensi Masalah

Berpotensi Masalah
RAPAT PARIPURNA: DPRD Kabupaten Tangerang dan Pemkab Tangerang menggelar rapat Raperda Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (RAPBD-P) 2024, Rabu (11/9) lalu. (dok. Banten Ekspres)

TANGERANG — DPRD Kabupaten Tangerang berpotensi menghadapi masalah dalam menggarap Raperda (Rancangan Peraturan Daerah) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (RAPBD-P) Tahun 2024 yang sudah diajukan pemerintah setempat.

Pasalnya, lembaga legislatif ini belum juga menyelesaikan pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) dan penetapan 4 pimpinan definitif. AKD yang harus dibentuk tersebut yakni Badan Musyawarah (Banmus), Badan Anggaran (Banang), Badan Pembentuk Peraturan Daerah (Bapemperda), Badan Kehormatan Dewan (BKD), dan komisi-komisi.

Bacaan Lainnya

Selain itu DPRD Kabupaten Tangerang belum menetapkan pimpinan defintif, yakni satu orang ketua dan tiga wakil ketua untuk masa jabatan 5 tahun hingga 2029 mendatang.

Keberadaan AKD, khususnya Banang, dan pimpinan definitif DPRD dinilai sangat penting dalam kaitan pembahasan Raperda APBD maupun Raperda APBD-P. Belum dimilikinya kedua alat kelengkapan legislatif tersebut berpotensi masalah dalam pengambilan keputusan menyangkut kebijakan anggaran daerah.

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait