Pengawasan Pilkada Terkait Netralitas ASN Diperkuat

Pengawasan
Sekretaris Daerah Kota Tangsel Bambang Noertjahjo menjawab pertanyaan wartawan. (Credit: Tri Budi Sulaksono/Banten Ekspres)

Penyuka olahraga bulutangkis ini mengaku, ada beberapa kendala dalam regulasi pemilu yang kerap berubah mendadak. Ia mencontohkan apa yang paling nyata adalah ketika rekapitulasi di tingkat kota dan TPS pada 14 Februari lalu.

“Petunjuk teknis dari KPU baru keluar tepat di hari pemungutan suara, sehingga ini menjadi tantangan bagi penyelenggara di tingkat bawah yang tidak dibekali pemahaman yang cukup,” tuturnya.

Bacaan Lainnya

Acep mengungkapkan, partisipasi pemilih sangat penting sehingga pihaknya mendorong KPU dan Dukcapil untuk lebih berkoordinasi agar masalah tersebut tidak terjadi lagi. Sehingga pihaknya mendapatkan data pemilih yang lebih sinkron.

Tak hanya itu, Bawaslu juga menemukan sejumlah masalah lain dalam pelaksanaan Pemilu 2024. Termasuk keserentakan pemungutan dan penghitungan suara pada hari yang sama.

“Bayangkan pemungutan suara dilakukan pagi dan penghitungan suara langsung di siang hari, seharusnya ini tidak diselesaikan dalam satu hari agar penyelenggara tidak terbebani,” tuturnya.

Cek artikel bantenekspres.co.id yang Anda minati di: Google News

Pos terkait